4 Apr 2014

Peran Asuransi Mikro dalam Adaptasi Perubahan Iklim

Peran Asuransi Mikro dalam Adaptasi Perubahan Iklim

Kategori : Ekonomi

  ISBN:978-602-95265-5-4
  Penulis:Arif Budi Rahman, MA.
  Penerbit:Diandra Creative
  Tanggal Terbit:2010-01-01
  Jumlah Halaman:120 hal
  Berat Buku:250 gr
  Kertas:HVS; 14.5 x 20.5 cm
  Harga:Rp. 50.000,00



Sinopsis

Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau sangat rawan dengan fenomena perubahan iklim. Meningkatnya muka air laut dan banjir bisa berakibat pada terganggunya sektor perikanan dan produksi padi yang pada gilirannya akan membahayakan ketahanan pangan. Padahal ketahanan pangan terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, dan pengentasan kemiskinan. Frekuensi dan besaran bencana alam akibat perubahan iklim ditengarai akan terus meningkat pada masa mendatang. Sebagai konsekuensinya kerugian ekonomi juga bisa meningkat berlipat.
Iklim selalu menjadi persoalan pelik bagi mereka yang mata pencahariaannya bergantung pada kondisi alam. Di negara berkembang seperti Indonesia dimana mayoritas penduduk berpenghasilan rendah berprofesi sebagai petani dan nelayan, kondisi tersebut memerlukan perhatian serius dari para pemangku kepentingan. Dalam skala lebih luas isu perubahan iklim juga mengubah lanskap pengelolaan risiko karena kemungkinan dampak bencana besar yang kemungkinan terjadi. Banyak kalangan kini mulai berpaling pada asuransi guna meminimalisir risiko.
Buku ini membahas peran asuransi mikro dalam agenda adaptasi perubahan iklim di Indonesia. Buku ini akan memberi sumbangan pemikiran bagi para pengambil kebijakan, pelaku industri asuransi, dan masyarakat luas akan urgensi aksi adaptasi terhadap fenomena pemanasan global teristimewa melalui skema asuransi mikro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar